Banten merupakan salah satu daerah yang terletak di Indonesia tepatnya di pulau Jawa. Ternyata di Banten terdapat tempat destinasi yang indah, yaitu gunung Pulosari Banten. 

Gunung Pulosari ini merupakan salah satu pilihan untuk Anda para pencinta alam dengan menyediakan suasana pendakian yang indah. 
Gunung Pulosari bisa dikatakan sebagai gunung yang aktif, tetapi memang tidak ada catatan yang menampilkan letusan yang dihasilkan gunung ini, hanya saja terdapat aktivitas fumarol yang terjadi di kaldera gunung dengan kedalaman 300 meter. 
Bagi masyarakat Banten, gunung Pulosari merupakan gunung yang keramat dan penuh mistis bahkan banyak sekali situs-situs kuno yang bisa kita temui di gunung Pulosari dalam bentuk batuan.
Akses Menuju Gunung Pulosari Banten
Untuk Anda yang ingin mengunjungi gunung Pulosari ini, jangan khawatir. Artikel ini akan menampilkan lokasi, rute, biaya, dan bahkan alamat dari gunung Pulosari yang bisa Anda akses. Berikut penjelasannya :
Lokasi
Lokasi dari gunung Pulosari ini di desa Cilentung, kecamatan Pulosari, kabupaten Pandeglang, Banten, Jawa, Indonesia. Lokasi ini merupakan lokasi yang dianggap keramat di daerah Banten. 
Di sini Anda bisa menikmati trek pendakian yang menantang dan akan disuguhi dengan air terjun putri atau Curug putri di pertengahan pendakian Anda setelah melewati pos 1.
 
Rute
Untuk menuju gunung Pulosari Anda bisa menggunakan beberapa pilihan, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum. Rute untuk sampai gerbang pendakian gunung Pulosari cukup mudah. 
Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dari arah mana pun Anda cukup berpatokan ke arah Pandeglang lalu ke arah pertigaan Mengger.
Dari Mengger Anda ambil arah ke Mandalawangi dan lurus terus sampai ke Pari, maka akan menemukan pasar pari tidak jauh dari pasar Anda sudah sampai di depan plang tempat wisata gunung Pulosari. 
Estimasi waktu yang digunakan dengan kendaraan pribadi cukup sekitar 3-5 jam perjalanan dari arah Jakarta. 
Biaya
Ini rincian biaya yang akan Anda butuhkan, dengan kendaraan umum dari Jakarta naik bis sekitar 50-70rb sampai terminal Pandeglang, dari terminal ke pertigaan mengger Anda butuh uang sebesar 25rb, dari pertigaan menuju pasar pari 5rb, dari pasar pari menyewa/carter kendaraan sekitar 20rb. Dan jangan lupa biaya akomodasi untuk masuk lokasi wisata sebesar 5rb. 
Jika menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, Anda cukup menyediakan 300rb sudah bisa untuk pulang pergi. Karena masih minim tempat penyewaan tenda, sebaiknya Anda sudah membawa tenda dari rumah.
Bagaimana, Anda penasaran bukan dengan keindahan dan trek menantang yang diberikan oleh gunung putri. 
Segeralah berkunjung dengan komunitas pendakian Anda atau komunitas pencinta alam yang Anda ikuti. Belum komplit pendakian Anda, jika belum mencoba di gunung Pulosari